Begitu banyak nikmat yang telah Allah berikan hingga kita tidak akan mampu menghitungnya. Salah satu cara untuk mensyukuri nikmat tersebut adalah dengan bersedekah. Sedekah atau shodaqoh dapat diartikan sebagai pemberian yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain dalam bentuk harta atau bukan harta dengan ukuran dan waktu yang tidak ditentukan.

10 Keutamaan Sedekah

Jadi, sedekah dapat dilakukan kapanpun, berapapun, dan dalam bentuk apapun. Pada dasarnya, ruang lingkup sedekah tidak hanya terbatas pada materi saja, namun berbuat baik kepada orang lain pun juga termasuk sedekah. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jelas mengenai sedekah beserta keutamaannya, silahkan simak ulasan di bawah ini!

Pengertian Sedekah

Mungkin Anda pernah mendengar sebuah pepatah yang mengatakan jika di dalam harta yang kita miliki terdapat hak orang lain. Pepatah ini memberikan pengertian jika kita harus menyisihkan sebagian harta untuk memenuhi hak kaum dhuafa atau fakir miskin. Anda dapat melakukannnya dengan zakat online, infaq online, ataupun sedekah untuk menyucikan harta.

Sedekah artinya memberikan sesuatu kepada orang lain dengan sukarela untuk mendapatkan ridha Allah Ta’ala. Sedekah tidak hanya dapat diberikan dalam bentuk harta saja, namun ruang lingkup sedekah dalam Islam sangatlah luas. Sedekah dapat diberikan dalam bentuk tenaga, nasihat, senyuman, barang, ataupun perbuatan baik lainnya.

Jenis-jenis Sedekah

Shodaqoh atau sedekah selalu diidentikkan dengan harta atau uang, namun sebenarnya sedekah dapat dilakukan dalam berbagai bentuk. Dalam Islam, sedekah dapat dibedakan ke dalam beberapa jenis, antara lain :

1.      Bekerja dan Memberi Nafkah Sanak Keluarga

Berdasarkan hadits riwayat Ibnu Majah, dari Al-Miqdan bin Ma’dikarib Al-Zubaidi ra, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Pekerjaan paling mulia yang dilakukan seseorang adalah pekerjaan yang dilakukan dengan kedua tangannya sendiri. Seseorang yang menafkahkan hartanya untuk diri, anak, keluarga, serta pembantunya akan dihitung sebagai sedekah.”

2.      Sedekah Harta atau Materi

Berdasarkan hadits riwayat Muslim, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sedekah tidak akan mengurangi harta.” Jika kita lihat secara sekilas, dengan bersedekah tentu saja harta yang kita miliki akan semakin berkurang. Namun, dengan pahala yang diberikan oleh Allah, kekurangan tersebut akan tertutupi.

Bahkan, tidak sedikit orang yang hartanya justru semakin bertambah lantaran rajin bersedekah. Hal ini sesuai dengan firman Allah, “Dan apapun yang kamu sedekahkan, maka Allah akan menggantinya karena Dialah sebaik-baik pemberi rejeki” (Surat Saba ayat 39)

3.      Tasbih, Tahmid, Takbir, dan Tahlil

Berdasarkan hadits riwayat Muslim dari Abu Dzarr ra, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Pada tiap persendian di antara kalian ada sedekahnya. Setiap tasbih, tahmid, takbir, dan tahlil adalah sedekah. Amar ma’ruf nahi mungkar adalah sedekah. Dan sudah mencukupinya dengan dua rakaat dhuha.”

4.      Berbuat Baik kepada Orang Lain

Berdasarkan hadits riwayat Bukhari dan Muslim, Nabi Muhammad SAW bersabda,

“Mulai terbit fajar diwajibkan bagi setiap persendian manusia untuk bersedekah. Menyelesaikan sengketa dua orang yang berselisih adalah sedekah, mengangkat barang-barang maupun orang naik ke atas kendaraan adalah sedekah, berkata baik adalah sedekah, setiap langkah menuju sholat adalah sedekah, menyingkirkan rintangan di jalan adalah sedekah.”

Selain itu, sedekah juga dapat berupa tenaga, senyuman, nasihat tentang kebaikan, maupun memberikan barang kepada orang yang membutuhkan.

10 Keutamaan Sedekah

Banyak hadits maupun ayat Al Quran yang menjelaskan tentang keutamaan bersedekah. Selain mampu membantu orang yang membutuhkan, sedekah memiliki banyak sekali keutamaan. Keutamaan tersebut akan membuat Anda menjadi lebih termotivasi untuk bersedekah dengan ikhlas dan tulus. Terdapat 10 keutamaan sedekah yang wajib buat Anda ketahui, diantaranya adalah :

1.      Bersedekah Akan Mendatangkan Kelapangan Dada dan Kebahagiaan

Berdasarkan hadits riwayat Bukhari, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Orang yang bakhil dengan orang yang bersedekah diibaratkan bagai dua orang yang mempunyai baju besi yang menutupi selangkangan dan dadanya jika dipakai. Orang yang bersedekah merasa jika baju tersebut sangat longgar dan lapang dikulit sehingga tidak meninggalkan bekas dan ujung jarinya pun tidak nampak.

Sedangkan orang yang bakhil merasa jika setiap lingkar baju besi tersebut melekat dengan erat pada kulitnya sehingga ia tidak bisa melonggarkannya meskipun telah berusaha.”

2.      Sedekah Membawa Keberkahan pada Harta yang Dimiliki

Berdasarkan hadits riwayat Muslim, Nabi Muhammad SAW bersabda, “ Dengan sedekah, harta tidak akan berkurang. Dan Allah akan menambahkan kewibawaan bagi hambaNya yang pemaaf.”

3.      Pahala Orang yang Bersedekah Akan Dilipatgandakan

Berdasarkan firman Allah pada surat Al Hadid ayat 18, “Sesungguhnya bagi orang laki-laki maupun perempuan yang bersedekah serta memberi pinjaman yang baik kepada Allah, niscaya Allah melipatgandakan ganjaran dan pahala yang banyak bagi mereka.” 

4.      Sedekah Bisa Menghapus Dosa

Tidak dapat dipungkiri jika kita sebagai manusia pasti tidak akan pernah luput dari kesalahan dan dosa. Salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk menghapus dosa adalah dengan bersedekah. Hal ini sesuai dengan hadits riwayat Tirmidzi yaitu Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sedekah mampu menghapus dosa seperti air yang mampu memadamkan api.”

5.      Orang yang Bersedekah Akan Mendapatkan Naungan di Hari Akhir

Berdasarkan hadits riwayat Bukhari, Nabi Muhammad SAW menjelaskan mengenai 7 jenis manusia yang akan mendapatkan naungan pada hari akhir dan salah satunya yaitu “Orang yang bersedekah dengan tangan kanannya namun ia menyembunyikannya sampai-sampai tangan kirinya pun tidak mengetahui apa yang telah disedekahkan oleh tangan kanannya tersebut.”

6.      Bukti Keimanan kepada Allah SWT

Berdasarkan hadits riwayat Muslim dari Al Harits bin Ashim Al Asy’ari ra, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Bersuci merupakan separuh keimanan, kalimat hamdalah akan memenuhi timbangan, tasbih dan tahmid akan memenuhi ruang langit dan bumi, sholat adalah nur, dan sedekah adalah bukti.”

7.      Sedekah Mampu Mencegah Maksiat Dalam Jual Beli (Perdagangan)

Berdasarkan hadits riwayat Tirmidzi, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Wahai para pedagang, dalam jual beli sesungguhnya dosa dan setan keduanya hadir di dalamnya. Maka hiasilah dengan sedekah jual beli yang kalian lakukan.”

8.      Sedekah Bisa Membebaskan dari Siksa Kubur dan Api Neraka

Berdasarkan hadits riwayat Tabrani, nabi Muhammad SAW bersabda, “Siksa Api di dalam kubur akan dipadamkan dengan sedekah.” Sedangkan berdasarkan hadits riwayat Bukhari Muslim, Nabi Muhammad bersabda, “Jauhilah api neraka meskipun hanya dengan sebutir kurma untuk bersedekah. Namun jika kamu tidak memilikinya, maka dapat dengan kalimat tayibah.”

9.      Tersedia Pintu Surga Khusus Bagi Orang yang Bersedekah

Berdasarkan hadits riwayat Bukhari Muslim, Nabi Muhammad SAW bersabda, “ Barangsiapa yang menyedekahkan hartanya di jalan Allah akan dipanggil oleh salah satu pintu surga

Wahai hamba Allah, datanglah kemari untuk menuju kenikmatan

Ia akan dipanggiil melalui pintu sholat jika berasal dari golongaan orang yang suka menunaikan sholat

Ia akan dipanggil dari pintu jihad jika termasuk golongan mujahid

Dan ia akan dipanggil dari pintu sedekah jika ia berasal dari golongan yang suka bersedekah.”

10.   Sedekah Memberikan Pahala yang Terus Berkembang

Berdasarkan hadits riwayat Tirmidzi, Nabi Muhammadd SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah menerima dan mengambil amalan sedekah menggunakan tangan kananNya. Kemudian Allah akan mengembangkan pahala tersebut sebagaimana kalian mengembangkan seekor anak kuda. Sampai-sampai sedekah akan berkembang sebesar Gunung Uhud  meskipun hanya sebiji saja.”

Selain itu, dalam Surat Al Baqarah ayat 261, Allah SWT berfirman, “Orang yang sedekah di jalan Allah diumpamakan seperti orang yang menanam sebutir biji kemudian menumbuhkan tujuh untai dan setiap untai berisi seratus biji. Allah akan melipatgandakan balasan bagi siapa pun yang dikehendaki karena Allah Maha Mengetahui dan Maha Luas AnugerahNya.”

Setelah mengetahui berbagai keutamaan sedekah, semoga Anda semakin termotivasi untuk melakukannya. Alangkah baiknya jika Anda bersedekah dengan niat yang tulus ikhlas untuk mengharapkan ridho Allah Ta’ala karena pada dasarnya, segala perbuatan tergantung dari niatnya. Sedekah tidak hanya sebatas harta saja, namun semua perbuatan baik juga dinilai sebagai sedekah.


EmoticonEmoticon